I. PENGERTIAN JOYSTICK
Joystick adalah perangkat keras komputer juga merupakan salah satu perangkat masukan pada komputer yang digunakan untuk bermain game. Alat ini memiliki tombol dan sebuah tuas yang bisa digerakan ke segala arah untuk mengendalikan gerakan objek pada monitor. Joystick dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Umumnya, tongkat ria ini digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
Selain untuk mengontrol permainan Game pada komputer, joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk tentunya dengan fungsi yang berbeda pula. Fungsi joystick sama fungsinya dengan mouse hanya saja joystick digunakan untuk program game seperti game mobil , menggunakan joystick yang berbentuk stir mobil dengan menggunakan pedal gas, rem kopling, yang pastinya seperti mengendarai mobil asli.
Tuas kendali telah menjadi alat kontrol utama pada kokpit pesawat terbang, termasuk pesawat jet dan pesawat militer, baik sebagai tuas utama ataupun tuas di sisi-sisinya. Tuas kendali juga digunakan untuk mengontrol mesin seperti mesin derek, truk, kursi roda, kamera pengawas dan mesin pemotong rumput. Miniatur dari tuas kendali finger operated telah diadopsi sebagai alat input untuk peralatan elektronik kecil seperti telepon seluler (ponsel).
II. SEJARAH JOYSTICK
Joystick adalah perangkat keras komputer juga merupakan salah satu perangkat masukan pada komputer yang digunakan untuk bermain game. Alat ini memiliki tombol dan sebuah tuas yang bisa digerakan ke segala arah untuk mengendalikan gerakan objek pada monitor. Joystick dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Umumnya, tongkat ria ini digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
Selain untuk mengontrol permainan Game pada komputer, joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk tentunya dengan fungsi yang berbeda pula. Fungsi joystick sama fungsinya dengan mouse hanya saja joystick digunakan untuk program game seperti game mobil , menggunakan joystick yang berbentuk stir mobil dengan menggunakan pedal gas, rem kopling, yang pastinya seperti mengendarai mobil asli.
Tuas kendali telah menjadi alat kontrol utama pada kokpit pesawat terbang, termasuk pesawat jet dan pesawat militer, baik sebagai tuas utama ataupun tuas di sisi-sisinya. Tuas kendali juga digunakan untuk mengontrol mesin seperti mesin derek, truk, kursi roda, kamera pengawas dan mesin pemotong rumput. Miniatur dari tuas kendali finger operated telah diadopsi sebagai alat input untuk peralatan elektronik kecil seperti telepon seluler (ponsel).
II. SEJARAH JOYSTICK
Nama "joystick" atau “tuas kendali” diperkirakan berasal dari pilot Perancis di awal abad ke-20, Robert Esnault Pelterie. Nama ini juga diakui oleh beberapa pilot lain seperti Robert Loraine, Henry James Joyce dan George AE. Loraine memasukkan nama “joystick” dalam buku hariannya pada tahun 1909 ketika ia pergi ke Pau untuk belajar terbang di sekolah Blériot's. Sementara George AE adalah seorang penerbang perintis yang bersama temannya Jobling membangun dan menerbangkan pesawat di Newcastle, Inggris pada tahun 1910. Dia diduga telah menemukan "George Stick" yang lebih dikenal sebagai joystick atau tuas kendali. Tuas kendali listrik pertama dengan dua sumbu diciptakan sekitar tahun 1944 di Jerman. Perangkat ini dikembangkan untuk mengincar target luncur bom Henschel Hs 293 pada sasaran kapal. Di sini, tuas kendali digunakan oleh operator untuk mengarahkan misil menuju target. Tuas kendali ini telah mempunyai tombol on dan off daripada sensor analog. Sinyal itu ditransmisikan dari tuas kendali ke rudal melalui radio.
Pada tahun 1960 penggunaan joystick menjadi tersebar luas dan berkembang ke industri pesawat udara modeling sistem radio-controlled seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964). Kraft kemudian menyalurkan ide joystick kepada industri komputer dan para pemakai lain.Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. Kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog,dan duapotensiometer untuk mengukur position.
Dan pada tahun 1985-1986 orang-orangsemakin mengenal istilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega. seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardware).
III. JENIS-JENIS JOYSTICK
b. Joystick Logitech Racing Wheel
Jenis joystick ini berbentuk seperti stir mobil. Jenis joystick tersebut berfungsi khusus untuk game balap mobil.
c. Joystick Logitech Extreme 3D Pro
Jenis joystick di atas adalah jenis joystick berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi khusus untuk game pesawat terbang.
d. Joystick PC dengan Fungsi Turbo
Berbeda dengan joystick yang beredar di pasaran, Metal Strike 3D nama dari jenis joystick PC. Turbo digunakan untuk permainan simulasi penerbangan dengan desain 4 axiz dan juga memiliki Ailero, Elevator, Trottle dan Control Power. Fungsi turbo untuk pengulangan otomatis, bisa memainkan perminan pertarungan di udara dengan kemampuan menembakkkan senjata otomatis yang baik, Metal Strike 3D memiliki 13 tombol.
e. Joystick Controller
Jenis ini mengunakan potentiometric. Skalar pada joystick controller digunakan untuk menterjemahkan gerakan menjadi sinyal output. Jenis ini terbuat dari plastic, nilon, gelas penuh nilon dan stainless steel, selain digunakan untuk game juga digunakan dalam bidang industry atau peralatan untuk tugas berat seperti forklift, crane, mesin pertanian, kendaraaan kemudi.
f. Joystick Virtual
Yaitu ibu jari sebelah kiri untuk mengendalikan gerak dan ibu jari sebelah kanan berfungsi untuk melakukan action.
g. Mobile Joystick
Joystick yang digunakan untuk bermain game di ponsel.
IV. KEGUNAAN DAN FUNGSI JOYSTICK
Joystick mempunyai fungsi yang sama dengan mouse. Hanya saja joystick digunakan untuk program game.
1. Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol;
2. Untuk mengontrol permainan video;
3. Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursi roda bermotor.
Joystick mempunyai fungsi yang sama dengan mouse. Hanya saja joystick digunakan untuk program game.
1. Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol;
2. Untuk mengontrol permainan video;
3. Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursi roda bermotor.
V. CARA KERJA JOYSTICK
Joystick merupakan piranti penuding tidak langsung. Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas atau dengan tekanan pada tuas. Pada joystick biasanya terdapat tombol yang dapat dipilih atau diasosiasikan dengan papan ketik. Dalam pengoperasiannya, joystick tidak memerlukan tempat yang luas.
Joystick merupakan piranti penuding tidak langsung. Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas atau dengan tekanan pada tuas. Pada joystick biasanya terdapat tombol yang dapat dipilih atau diasosiasikan dengan papan ketik. Dalam pengoperasiannya, joystick tidak memerlukan tempat yang luas.
VI. SIFAT JOYSTICK
Sifat joystick :
- Kurang akurat dibandingkan mouse, namun hanya membutuhkan sedikit ruang
- Tidak mengganggu layar
- Harganya murah, banyak digunakan pada permainan komputer (game)
Kesimpulan :
Joystick atau tuas pengendali merupakan alat yang digunakan untuk berbagai macam permainan (game), Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin – mesin seperti pada kursi roda bermotor dan truk. Selain itu joystick juga digunakan pada kehidupan sehari-hari seperti yang diaplikasikan untuk tuas pengendali kursi roda elektrik yang dipakai orang yang sakit untuk menggerakkan kursi rodanya dan sebagai pengendali mobil
Dikutip dari berbagai sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar